Qur'an Inspiration

Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung. (QS. Ali 'imran:200

Jumat, 01 April 2016

"Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran "




Judul
Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif
Optimalisasi Model Pembelajaran
Jurnal
Jurnal Edukasi@Elektro
Volume & Halaman
Vol. 5, No. 1, hlm. 1-10
Tahun
Maret 2009
Penulis
Sapto Haryoko (Dosen Universitas Negeri Makasar )

Latar belakang
Salah satu media yang digunakan dalam pembelajaran, dan diyakini dapat lebih menggairahkan animo mahasiswa dalam perkuliahan
adalah media Audio Visual. Media audio-visual juga merupakan salah satu sarana alternatif dalam melakukan proses pembelajaran berbasis teknologi. Audio-visualpembelajaran berbasis teknologi dapat digunakan sebagai sarana alternatif dalam
mengoptimalkan proses pembelajaran, dikarenakan beberapa aspek antara lain :
a) mudah dikemas dalam proses pembelajaran,
b) lebih menarik untuk pemebalajaran, dan
c) dapat di-edit (diperbaiki) setiap saat.
Dengan memanfaatkan teknologi komputer diharapkan bahwa audio-visual pembelajaran dapat digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran yang lebih menarik, termasuk visualisasi materi bahan ajar, sehingga lebih menarik di kalangan mahasiswa. Melalui audio-visual pembelajaran dapat lebih interaktif dan lebih memungkinkan terjadinya two way traffic dalam proses pembelajaran.


Rumusan Masalah
“Bagaimana efektifitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran pada mata kuliah keteknikan jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Makassar ?”
Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui bagaimana keefektifan hasil belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika pada mata kuliah teknik jaringan komputer dengan menggunakan model pembelajaran Audio Visual ?

Hipotesis
“Apakah pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual lebih efektif dibanding media/pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar teknik jaringan komputer mahasiswa ?”

Metode Penelitian
Menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial. Teknik statistik deskriptif digunakan untuk mendeskriptifkan skor mahasiswa baik kelompok ekperimen maupun kelompok kontrol. Sedangkan statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis.

Variabel penelitian
Hasil belajar teknik jaringan komputer mahasiswa yang diajar dengan menggunakan media audio-visual dan hasil belajar teknik jaringan komputer mahasiswa dengan menggunakan media konvensional.
Populasi Penelitian
Seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah jaringan komputer tahun ajaran 2008/2009 Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNM, yang berjumlah 33 orang. Jumlah 33 orang ini kemudian dibagi dua kelompok yang diambil melalui teknik random sederhana (simple random sampling). Dengan rincian kelompok A (yang diajar dengan menggunakan media Audio Visual) sebanyak 16 orang dan kelompok B (yang diajar dengan menggunakan cara/media konvensional) sebanyak 17 orang.


Hasil Penelitian dan Pembahassan
Hasil pengujian hipotesis yang menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan media audio-visual lebih baik dibanding dengan pembelajaran melalui pendekatan konvensional menunjukkan bahwa perlu ada perubahan paradigma dalam proses pengajaran. Fenomena ini juga disebabkan adanya faktor kejenuhan diantara kelompok mahasiswa yang selama ini justru perkembangkan pengajaran kurang begitu diperhatikan. Pola pengajaran konvensional justru masih sangat dominan dikalangan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Di samping itu temuan penelitian ini menunjukkan bahwa variasi model pengajaran, khususnya yang melibatkan audio-visual sangat cocok untuk model pengajaran teknik jaringan komputer, karena mahasiswa dibawa dalam dunia yang mendekati kenyataan terkait oleh model jaringan yang di lapangan sudah berkembang begitu pesatnya.
Kesimpulan


Hasil belajar mahasiswa teknik jaringan komputer yang diajar dengan menggunakan media audio-visual memiliki skor yang jauh lebih tinggi dibanding dengan mahasiswa teknik jaringan komputer yang diajar menggunakan pendekatan konvensional.
Saran
1. Kepada dosen-dosen jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Makassar, dan dosen-dosen pada umumnya disarankan dapat memulai menggunakan model pembelajaran audio-visual yang ternyata dapat lebih meningkatkan gairah belajar mahasiswa, dan pada gilirannya akan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
2. Bagi instansi-instansi (lembaga) pendidikan, termasuk Perguruan Tinggi sudah saatnya mengembangkan atau membuat regulasi perkuliahan yang mewajibkan para dosen dalam penggunaan media audio visual dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Di samping itu juga sekaligus memperkaya model pembelajaran dengan meng-optimalkan teknologi di dunia pendidikan pada umumnya dan domain pembelajaran pada khususnya.
 

                                   Sumber gambar dari link ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar